Selamat. . . Mabbiring Dinyatakan Lolos ODF

BONE, BERITABONE.COM-- Tim Verifikasi Kabupaten menetapkan Desa Mabbiring sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar ...

BONE, BERITABONE.COM--Tim Verifikasi Kabupaten menetapkan Desa Mabbiring sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan, Senin (16/4/2018).

Kepastian itu didapat setelah tim yang diketuai Bustang AMKL SKM M.Kes ini mengunjungi desa tersebut. Lolosnya Mabbiring maka jumlah desa yang ODF di Kecamatan Sibulue bertambah jadi enam dan Mabbiring desa ke 131 yang ODF di Bone.

Bustang mengatakan, dalam penilaian desa ODF di Mabbiring kita mensampling sesuai peta sanitasi yang ada di desa setempat.

Di desa itu terdapat tiga dusun yang masing-masing 10 persen atau sekitar 30 rumah tangga dari jumlah rumah tangga yang ada dikunjungi dengan secara acak.

Tim turun kelapangan dengan melakukan survey lansung dan wawancara dengan masyarakat termasuk pengamatan di lingkungan warga didampingi masing-masing tim tiap dusun dari unsur pokja desa, puskesmas, aparat desa, kepala dusun babinsa, babinkabtibmas lalu diplenokan hasilnya dan diputuskan oleh ketua Tim.

Bustang menyampaikan bahwa tujuan dan dasar hukumnya program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) adalah program nasional, kemudian tindak lanjut Perbup No.25 tahun 2015 tentang STBM ada 5 pilar yang diverifikasi hari ini adalah pilar 1 yaitu stop buang air besar sembarangan atau ODF.

"Diharapkan agar masyarakat tidak buang air besar sembarangan karena membayakan kesehatan, bisa mencemari lingkungan dan bisa menularkan penyakit melalui vektor atau lalat yang hinggap dimakanan," tutupnya.

Penulis : Ayu
Editor : Burhan Hamzah

COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Selamat. . . Mabbiring Dinyatakan Lolos ODF
Selamat. . . Mabbiring Dinyatakan Lolos ODF
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBrnAQIKBUT8GWLyBdxsfOUisKZ8Rbe2nLtF0CXr7nt-PiNOBIV72tymueDweZRAcFQzlQlBng9Y7HIg0RCMcZ28nvNgjGjUn75tTaFeWaw6sv9FZlmq7tqd9ZxAbmxi1oRLzQHGpzm_c/
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBrnAQIKBUT8GWLyBdxsfOUisKZ8Rbe2nLtF0CXr7nt-PiNOBIV72tymueDweZRAcFQzlQlBng9Y7HIg0RCMcZ28nvNgjGjUn75tTaFeWaw6sv9FZlmq7tqd9ZxAbmxi1oRLzQHGpzm_c/s72-c/
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2018/04/selamat-mabbiring-dinyatakan-lolos-odf.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2018/04/selamat-mabbiring-dinyatakan-lolos-odf.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy