Musim Pandemi, Pesta Pernikahan di Bone Menurun

BONE, BERITABONE.COM-- Sejak masa Pandemi Covid 19 pesta pernikahan mengalami penurunan di sejumlah wilayah, termasuk di Kecamatan Barebbo, ...

BONE, BERITABONE.COM--Sejak masa Pandemi Covid 19 pesta pernikahan mengalami penurunan di sejumlah wilayah, termasuk di Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone. 

Hal demikian diungkapkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Barebbo saat di jumpai di kantornya, Selasa, (26/1/2021).

"Semenjak suasana Pandemi Covid - 19 ada penurunan kegiatan hajatan utamanya pesta pernikahan, apa lagi di awal Covid - 19 sangat signifikan, namun akhir - akhir ini mulai ada peningkatan, mungkin karena masyarakat mulai tidak percaya lagi dengan Covid - 19," tutur Drs. Jamaluddin, M. HI.

Semenjak ditetapkannya peraturan baru UU No. 16 tahun 2019 tentang perkawinan, dimana mempelai pria maupun wanita minimal 19 tahun masih kurang disadari masyarakat, hal itu terlihat masih adanya pernikahan yang dilangsungkan tanpa melakukan pencatatan di KUA.

"Memang ada beberapa mempelai maupun pihak keluarga mempelai datang, karena faktor usia yang belum cukup maka tidak bisa dilakukan pencatatan, maka diarahkan mengambil dispensasi di pengadilan, kalau sudah mendapatkan dispensasi maka kami siap melayani mereka," ujar Jamaluddin yang sudah puluhan tahun jadi Kepala KUA di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bone tersebut. 

Jamaluddin juga menyebutkan terus berupaya mengsosialisasikan UU No. 16 tahun 2019 tersebut agar masyarakat paham akan hal itu. "Bahkan sudah saya sosialisasikan kepada mayarakat dimanapun berada, baik di masjid maupun ketika ada pertemuan sering saya sampaikan," ungkapnya lagi. 

Ia pun berharap masyarakat segera sadar terkait Peraturan Pemerintah (PP) tersebut, karena sejatinya pernikan dibawah tangan merupakan hal yang tidak baik karena secara hukum tidak di akui oleh pemerintah meskipun sebagian ulama menganggap sah secara agama apabila memenuhi syarat sah pernikahan. (Hamka)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Musim Pandemi, Pesta Pernikahan di Bone Menurun
Musim Pandemi, Pesta Pernikahan di Bone Menurun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGHufhxWCV9U9qf-NiWHMLRJ9rBxlWO91PXydiYFzKxGS3lkRn06H7hgJXyU-LYE9HA-GztsRi_CP4JPsVQ0n8XC_xpgOe_1J3k29luuU_0fLGkL4xYiCCFmZ_hegUtltiisbk9jNPvso/s320/IMG-20210126-WA0053.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGHufhxWCV9U9qf-NiWHMLRJ9rBxlWO91PXydiYFzKxGS3lkRn06H7hgJXyU-LYE9HA-GztsRi_CP4JPsVQ0n8XC_xpgOe_1J3k29luuU_0fLGkL4xYiCCFmZ_hegUtltiisbk9jNPvso/s72-c/IMG-20210126-WA0053.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2021/01/musim-pandemi-pesta-pernikahan-di-bone.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2021/01/musim-pandemi-pesta-pernikahan-di-bone.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy