Desa Tebba Lolos Verifikasi ODF, Ini Hasilnya

BONE, BERITABONE.COM-- Desa Tebba, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, Sulsel, dinyatakan lolos verifikasi oleh Tim Verifikasi Desa Open De...

BONE, BERITABONE.COM--Desa Tebba, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, Sulsel, dinyatakan lolos verifikasi oleh Tim Verifikasi Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang air besar Sembarangan (SBS) Kabupaten Bone, Rabu (14/6/2017).

Itu berarti Tebba merupakan desa yang pertama di kecamatan tersebut yang lolos ODF. Pada verifikasi itu terdapat 24 rumah yang disampel dari dua dusun.

Yang diverifikasi mulai jenis jamban sehat, tidak ditemukan tinja di sekitar rumah. Ada sabun di dekat kloset. Jarak jamban pada sumber air. Perilaku masyarakat cuci tangan pakai sabun setelah Buang air besar.

Dari 24 Kepala Keluarga yang disampel semua sudah melaksanakan sesuai kriteria dan sudah akses pada jamban sehat. Maka dinyatakan lolos verifikasi dan menjadi desa ODF.

Ketua Tim Verifikasi, Bustang AMKL SKM M.Kes mengungkapkan, dari hasil verifikasi, ada satu dari lima pilar yang dicapai Desa Tebba yaitu, Stop Buang Air Besar Sembarangan sudah dicapai.

Sedangkan pilar cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir, Pengelolaan makanan dan minuman di rumah tangga, pengelolaan sampah di rumah tangga dan pengelolaan limbah rumah tangga (SPAL) itu belum ia capai.

"Lima pilar ini sesuai Perbub No.25 tahun 2015 tentang STBM," ungkapnya.

Dengan hasil verifikasi itu, lanjut Bustang Desa Tebba sudah berhak ikut deklarasi desa ODF pada 21 Juni 2017 di Gegung PKK Bone bersama dengan 16 desa Lainnya.

"Mudah-mudahan masih ada tambahan desa. Tim kabupaten siap tindak lanjuti bila ada desa minta diverifikasi apabila sudah memenuhi persyaratan desa ODF," pungkasnya.

Penulis : Burhan Hamzah

COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Desa Tebba Lolos Verifikasi ODF, Ini Hasilnya
Desa Tebba Lolos Verifikasi ODF, Ini Hasilnya
https://lh3.googleusercontent.com/-pwfPyfLdYZI/WUEg-iJGzsI/AAAAAAAAAO8/p2NNtg6W2qE2SfR5moBV8gxw0KH-di7gwCHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-pwfPyfLdYZI/WUEg-iJGzsI/AAAAAAAAAO8/p2NNtg6W2qE2SfR5moBV8gxw0KH-di7gwCHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2017/06/desa-tebba-lolos-verifikasi-odf-ini_14.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2017/06/desa-tebba-lolos-verifikasi-odf-ini_14.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy