Warga Mare Bone Sediakan Beras Hitam, Berikut Manfaat dan Khasiatnya

BONE, BERITABONE.COM-- Hadi Sarjono yang merupakan warga Desa Kadai, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulsel merupakan salah satu sosok petan...

BONE, BERITABONE.COM--Hadi Sarjono yang merupakan warga Desa Kadai, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulsel merupakan salah satu sosok petani yang dikenal kreatif dan inovatif yang senantiasa membuat terobosan dibidang pertanian, baik herbisida maupun pengadaan varitas unggulan.

Black Rice ataupun Beras Hitam yang merupakan salah satu varietas yang kini dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat. Yang mana diketahui beras hitam ini mengandung banyak keistimewaan dan keunggulan dari beras biasa yang berwarna putih maupun berwarna merah.

"Beras merah ini cukup berkhasiat dan cukup baik untuk kesehatan. Yang mana dengan mengkonsumsi beras ini diyakini dapat mencegah berbagai penyakit salah satunya penyakit Gula atau Diabetes. Dikarenakan beras ini mengandung zat gula yang lebih sedikit dari beras yang biasanya dikonsumsi masyarakat," ucap Sarjono.

Dilansir dari berbagai media dan sumber, beras hitam mengandung zat gizi pada lapisan terluar seperti Serat, Vitamin B1, B3, B6 dan vitamin E. Selain itu beras yang kini cukup jarang ditemukan ini juga mengandung zat besi, mangan, asam amino, asam lemak esenial, phosphor, dan antioksidan anthocyanin.

Kandungan antioksidan anthocyanin inilah yang tidak ditemukan pada beras putih, zat tersebut merupakan zat yang menyebabkan warna beras ungu kehitaman.


Berdasarkan berbagai penelitian para ahli, antioksidan anthocyanin yang terkandung pada beras hitam berkhasiat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti kanker dan diabetes.

Berikut 6 manfaat beras hitam :

1. Baik untuk jantung, karena beras hitam mengandung antosianin yang mencegah terbentuknya lapisan plak pada lapisan dalam arteri sehingga mencegah terjadinya serangan jantung.
2. Mengendalikan tingkat kolesterol, karena Pigmen antosianin yang ditemukan dalam beras hitam membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah.
3. Bagus untuk pasien diabetes, karena beras hitam mengandung sejumlah besar serat makanan dan jumlah gula yang sedikit maka dapat membantu menjaga kadar glukosa darah.
4. Bagus untuk detoksifikasi tubuh, karena tingginya jumlah antioksidan dalam beras hitam bisa membantu mengeluarkan zat beracun dari tubuh terutama dari hati.
5. Mencegah kanker, karena kandungan pigmen antosianin dalam butiran beras hitam ini mencegah kanker dengan memberantas radikal bebas.
6. Menjaga berat badan, karena kandungan serat tinggi dalam beras hitam membuat perut kenyang untuk waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, jenis beras ini dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Untuk memperoleh beras hitam ini, Sarjono tidak memasang harga yang terlalu tinggi. Akan tetapi, harganya dipastikan sedikit lebih tinggi dari harga beras merah yang ada dipasaran. Selain itu, karena beras ini merupakan hasil produksi sendiri, maka mutu dan kwalitas berasnya pun lebih terjamin.

Untuk mendapatkan beras hitam yang baru saja diproduksi ini, bisa datang langsung di kediamannya Dusun Bakkeaju Desa Kadai.

Penulis : Edy
Editor : Burhan Hamzah

COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Warga Mare Bone Sediakan Beras Hitam, Berikut Manfaat dan Khasiatnya
Warga Mare Bone Sediakan Beras Hitam, Berikut Manfaat dan Khasiatnya
https://lh3.googleusercontent.com/-SO-vZStdAo0/Wa6Ch4718VI/AAAAAAAABDM/y3cseyXCPNUuCx4R9ucDZxWz_f3IHPZ8QCHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-SO-vZStdAo0/Wa6Ch4718VI/AAAAAAAABDM/y3cseyXCPNUuCx4R9ucDZxWz_f3IHPZ8QCHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2017/09/warga-mare-bone-sediakan-beras-hitam.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2017/09/warga-mare-bone-sediakan-beras-hitam.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy