Hebat...Desa Karella Dinyatakan Lolos Verifikasi ODF

BONE, BERITABONE.COM-- Desa Karella, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone menjadi desa ke-110 di Bone yang lolos sebagai Desa Open Defecation Free...

BONE, BERITABONE.COM--Desa Karella, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone menjadi desa ke-110 di Bone yang lolos sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau desa stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kepastian itu didapat setelah Tim Verifikasi Desa ODF Kabupaten Bone turun memverifikasi dan menyatakan Karella berhak meraih predikat sebagai Desa ODF pada Selasa 13 Februari 2018.

"Setelah dilakukan survei lapangan ditiga dusun yang ada, akhirnya Desa Karella dinyatakan lolos verifikasi. Dengan lolosnya ini, Karella merupakan desa yang ke 110 di Kabupaten Bone yang berhasil meraih predikat sebagai Desa ODF dan untuk itu kami ucapkan selamat," ucap Bustang,AMKL,SKM,M.Kes selaku Ketua Tim Verifikasi Kabupaten Bone.

Bustang menjelaskan, pada verifikasi yang dilakukan masing-masing anggota tim dari Dinas Kesehatan Bone didampingi petugas Puskesmas Mare, Bidan Desa dan pengurus Pokja Desa Karella Sehat turun memverifikasi di tiga dusun yang ada dan masing-masing disampling 10 persen rumah tangga tiap dusun, yang mana kesemua itu sudah dilengkapi jamban sehat dan sabun cuci tangan.

Dijelaskannya lagi, yang disurvei adalah jenis jamban yang digunakan, syarat jamban sehat. Pemantauan di sekitar rumah warga adanya tinja manusia termasuk Pampers bayi dan memastikan jamban yang ada, semua digunakan oleh anggota keluarga. "Dari hasil verifikasi semua diatas, Desa Karella dinyatakan telah memenuhi persyaratan kesehatan," pungkasnya.


Kepala Desa Karella Darwis mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim verifikasi atas kunjungannya ke desa tersebut, dan permohonan maaf sedalam-dalamnya bilamana dalam kegiatan itu terdapat suatu kekurangan.

Terkait keberhasilannya dalam meraih predikat sebagai Desa ODF, menurutnya hal tersebut tak lepas dari dukungan dan kerjasama dari Kepala UPTD Puskesmas Mare, Kepala Pustu Karella, pemerintah Kecamatan Mare dan segenap lapisan warga masyarakat Desa Karella.

"Dengan lolosnya Desa Karella menjadi Desa ODF merupakan buah dari kerja keras, kerjasama dan dukungan dari segenap pihak. Olehnya, terima kasih yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada semuanya termasuk adik-adik KKN Mahasiswa UMI yang turut membantu dengan program kerjanya berupa pengadaan lomba kebersihan antar dusun," tuturnya.

Dalam merealisasikan Karella sebagai Desa ODF, pemerintah desa setempat telah membantu keluarga kurang mampu dalam hal pengadaan jamban sekira 70 unit.

Sekcam Mare Andi Yunan Helmi,SE,M.Si dalam sambutannya berharap agar Desa Karella kedepannya bisa lebih baik lagi yang senantiasa tetap menjaga kebersihan lingkungan dan selalu menerapkan prilaku hidup dan bersih.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua tim verifikasi Desa ODF Kabupaten Bone Bustang,AMKL,SKM,M.kes beserta rombongan, Kepala UPTD Puskesmas Mare dr. Andi Wina Yuliaty Ahmad, Sekcam Mare Andi Yunan Helmi,SE,M.Si, Kasi Pemerintahan Mare Muh. Ikhsan,S.Sos,M.Si, Kades Karella Darwis, Ketua TP PKK Desa Karella Hernis Darwis bersama anggota, tenaga Pendamping Desa, para perangkat Desa dan Bidan Desa Karella serta Mahasiswa KKN UMI angkatan 59.

Penulis: Edy
Editor : Burhan Hamzah

COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Hebat...Desa Karella Dinyatakan Lolos Verifikasi ODF
Hebat...Desa Karella Dinyatakan Lolos Verifikasi ODF
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPqeXxLVYEOZWNw85g_UMIvI8w3C4WuDBdxJkvsIc-kR6Yf-hmoAdiMYB0cGFLUdgPBa4UhBbP8Y3wpcaRclLaAGFOytIF57S5l4jlwvXKLnBQZ-HXEzDkcwR86CLi3Uvd7tV_Jur1848/
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPqeXxLVYEOZWNw85g_UMIvI8w3C4WuDBdxJkvsIc-kR6Yf-hmoAdiMYB0cGFLUdgPBa4UhBbP8Y3wpcaRclLaAGFOytIF57S5l4jlwvXKLnBQZ-HXEzDkcwR86CLi3Uvd7tV_Jur1848/s72-c/
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2018/02/hebatdesa-karella-dinyatakan-lolos.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2018/02/hebatdesa-karella-dinyatakan-lolos.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy