P3MD dan TPID Cina Latih KPM Desa, Ini Tujuannya

BONE, BERITABONE.COM --Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) bersama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Cina ...

BONE, BERITABONE.COM--Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) bersama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Cina menggelar Peningkatan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa se-Kecamatan Cina.

Pelatihan itu digelar di Aula Baruga Tanete Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Selasa (18/6/2019). Hadir Danramil Cina, Polsek Cina, Kepala Desa, dan UPT Puskesmas Cina dan Pendamping Desa.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Cina, Sainuddin yang mewakili Pejabat Camat Cina membuka kegiatan peningkatan KPM ini.

Dalam arahannya, Sainuddin meminta peserta aktif dalam menerima materi dari setiap pemateri agar dapat mengaplikasikan nanti di setiap desanya.

"Saya harapkan peserta dapat menerima materi dengan jelas supaya lebih mudah menyampaikan ke masing - masing di desanya," ujarnya.

Sementara Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Cina, Asmasjun S.Pd, M.Pd mengatakan peningkatan KPM Desa ini harus ada output dan khusus kader yang sudah dilatih nantinya akan turun melakukan pendataan ke masing - masing wilayahnya.

Dari hasil pendataan itu, sambungnya, kemudian dirembugkan melalui musyawarah tingkat desa untuk membahas intervensi apa yang akan dilakukan kedepan dalam mencegah anak kerdil (stunting) yang dianggarkan melalui Dana Desa.

"Saya mengharapkan nanti setiap desa dapat mensupport program penanganan stunting ini untuk menganggarkannya ke dalam APBDes 2020," harap Asmarjun.

Dia menambahkan, program penanganan stunting ini merupakan hasil kerjasama di sejumlah Kementerian dan Lembaga di Indonesia, termasuk salah satunya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

"Olehnya itu program perlu didukung di seluruh stakholder dan saya berharap di dalam APBDes nanti juga dianggarkan untuk insentif kader," tambahnya.

Sekadar diketahui, Peningkatan Kapasitas KPM Kecamatan Cina ini diikuti 22 orang peserta. Dalam satu desa mengutus satu orang kader kesehatan dan aparat desa.

Penulis : Jusman
Editor : Burhan Hamzah

COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: P3MD dan TPID Cina Latih KPM Desa, Ini Tujuannya
P3MD dan TPID Cina Latih KPM Desa, Ini Tujuannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfKAiAS1gbUGc2eSG8pX-Lv_V0fmNJNH58C5eEn4JOHmHxE0wXIU69PKYescKVHgrUApEBUmmwUWbKOFOVlXm3dY6_XSXRP8imCb3MhYmxC9EspjX-zvQhgvWktqWMI7rLrsO9ET2MfVI/s320/p3md.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfKAiAS1gbUGc2eSG8pX-Lv_V0fmNJNH58C5eEn4JOHmHxE0wXIU69PKYescKVHgrUApEBUmmwUWbKOFOVlXm3dY6_XSXRP8imCb3MhYmxC9EspjX-zvQhgvWktqWMI7rLrsO9ET2MfVI/s72-c/p3md.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2019/06/p3md-dan-tpid-cina-latih-kpm-desa-ini.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2019/06/p3md-dan-tpid-cina-latih-kpm-desa-ini.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy