LePAS Bahas Kelangkaan Bahan Material di Desa

BONE, BERITABONE.COM-- Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Pendidikan dan Advokasi Desa (LSM LePAS) Kabupaten Bone membahas permasalahan kela...

BONE, BERITABONE.COM--Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Pendidikan dan Advokasi Desa (LSM LePAS) Kabupaten Bone membahas permasalahan kelangkaan bahan material di desa.

Kegiatan yang bertajuk "Ngopi LePAS Desa Lawyers Club" itu digelar di Cafe Kusuka Jalan Merdeka Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulsel, Jum'at (18/10/2019) malam.

Ketua Panitia Pelaksana, Zul mengatakan, dalam diskusi Ngopi LePAS ini menghadirkan pemateri dari Dinas PUPR Bone, Dinas Perindustrian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ketua APDESI, Tenaga Ahli P3MD Bone, Advokat dan Praktisi Hukum dan pesertanya dihadiri Kepala Desa, Pendamping Desa, LSM, Wartawan, Aktivis Perempuan, dan Mahasiswa.

"Ngopi LePAS Desa Lawyers Club yang diselenggarakan oleh LSM LePAS dalam rangka mencari solusi atas permasalahan Kelangkaan Bahan Material di Desa yang dinilai menghambat pembangunan Desa dan tentunya juga merugikan masyarakat sebagai pemanfaat Dana Desa," ungkapnya.

Sementara Ketua Umum LSM LePAS, Anto Syambani Adam mengatakan, kondisi yang kelangkaan material bagi Desa merupakan hal yang sangat ironi karena Desa merupakan lumbung dari material itu.

Namun kami sesungguhnya sangat menyayangkan ketidakhadiran pihak Polres Bone yang tanpa konfirmasi, karena institusi ini sangat vital posisinya untuk memastikan dan memberikan kepastian hukum dalam penindakannya. Karena masyarakat Desa sejauh ini sangat ketakutan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Desanya, karena mereka tidak memahami secara pasti SOP penindakan yang dilakukan Polres Bone selama ini pada kasus tambang.

Sekretaris Jendral LSM LePAS, Asmarjun menambahkan, dialog berlangsung alot dan mendapat apresiasi dari semua narasumber yang hadir beserta tanggapan dan masukan dari peserta, setidaknya kita sudah menyimpulkan embrio titik terang arah penyelesaian masalah ini, dimana Pemerintah Desa melalui asas rekognisi yang diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 6 tentang Desa, memberikan kuasa kepada Pemerintah Desa untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di desanya, sebagai mana yang disimpulkan dari beberapa paparan narasumber.

"Selanjutnya Ngopi LePAS juga telah menyimpulkan beberapa rekomendasi yang akan ditindak lanjuti oleh stakeholder salah satunya percepatan dan  pengkajian konferensip terhadap Perda RTRW yang berproses," tambahnya.

Penulis : Fadhil
Editor : Burhan Hamzah

COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: LePAS Bahas Kelangkaan Bahan Material di Desa
LePAS Bahas Kelangkaan Bahan Material di Desa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiK5AEHNVSvv2Vp4emf0XMEzPeKIHNm6MmA2Lgn-b9YoD9YwkttnMLA68nPnM5Ri80vElJbCAC88ERhOzRC1E4JzDZGlfYKurs36jEcOF_qTgioguskiJIu1ftF_7GtFcTGxDETCjXkN00/s320/IMG-20191019-WA0002.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiK5AEHNVSvv2Vp4emf0XMEzPeKIHNm6MmA2Lgn-b9YoD9YwkttnMLA68nPnM5Ri80vElJbCAC88ERhOzRC1E4JzDZGlfYKurs36jEcOF_qTgioguskiJIu1ftF_7GtFcTGxDETCjXkN00/s72-c/IMG-20191019-WA0002.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2019/10/lepas-bahas-kelangkaan-bahan-material.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2019/10/lepas-bahas-kelangkaan-bahan-material.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy