UIT Gagas Kolaborasi dan Kemitraan Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat

MAKASSAR, BERITABONE.COM-- Dosen dari 16 Perguruan Tinggi (PT) negeri dan swasta dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara...

MAKASSAR, BERITABONE.COM--Dosen dari 16 Perguruan Tinggi (PT) negeri dan swasta dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat, ikut ambil bagian. Dikemas dalam "Workshop PKM Dosen 2021" dengan menghadirkan 3 pemateri.

Demikian ujar, Rektor Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Dr. Andi Maryam, kepada wartawan 17 Februari 2021, usai mendampingi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (APTISI) Pusat, Dr. Budi Djatmiko yang tiba di Makassar.

Menurut Andi Maryam, kegiatan ini bagian dari program kerja inovasi yang sudah teragenda sejak 2020, namun pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya tertunda. "Kegiatan ini akan berlangsung dua kali di tahun 2021," ujarnya. Sembari menambahkan semua di bawah kordinasi Wakil Rektor (WR) IV UIT.

WR IV UIT, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. menguraikan kegiatan yang diselenggarakannya adalah lini kerja inovasi, dan kerjasama yang menjadi bagian tugasnya, sejak 2019. "Workshop berlangsung pada 14 dan 21 Februari 2021, dengan materi 'Perencanaan PKM' dan 'Penyiapan Manuskrip Jurnal'," ujarnya.

"Ini menjadi jawaban atas gambaran kondisi kiranya perhatian dosen pada pengabdian masyarakat, seperti data Dirjen Dikti," ujarnya. Sembari menambahkan sesungguhnya dosen sudah melaksanakan PKM, namun tidak menjurnalkannya.

Menampilkan pemateri Dr. (cand) Syaharuddin, S.Pd. M.Si. Chief Editor dan reviewer sejumlah jurnal Sinta. Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM) itu akan kembali membawakan materinya pada 21 Februari 2021. "Kami berharap usai workshop yang di UIT, akan berlanjut ke PT lainnya," ujar Zulkarnain Hamson, sembari menegaskan beberapa PTS sudah bersedia.

Workshop ini menargetkan terbitnya 100 naskah jurnal PKM Sinta-3, Sinta-4 dan Sinta-5. "Sampai 17 Februari ini sudah 162 dosen dari 16 PTN, PTS yang ikut bergabung, bahkan dari Lampung," ujar Zulkarnain Hamson. Kegiatan selanjutnya akan berlangsung di Universitas Pohuwato Gorontalo, sebagai bagian dari kerjasama antar PT.

"Sewaktu menjabat LPPM UIT tahun 2018, saya memang mendorong agar PKM lebih digairahkan, karena masyarakat membutuhkan kampus," ujarnya. Dan sebagai  benang merahnya terkait bidang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), dirinya berharap karya dosen akan jadi paten.

"Ketika merintis berdirinya  Lembaga HAKI di UIT, tahun 2018, salah satu yang ingin saya capai adalah semua dosen memiliki hak paten," ujarnya. Hak paten itu telah lahir melalui sejumlah sertifikat yang terbit di tahun 2019-2020, saat Ketua HAKI dijabat Dr. Lisa Mery.

Pengabdian adalah bagian dari inovasi, dan inovasi bisa melahitkan paten. Penelitian dan pengabdian adalah jalan menuju lahirnya berbagai temuan dalam kerja keilmuan di PT. "Saya sudah mengusulkan agar riset mahasiswa dan dosen segera dipatenkan, dan diapresiasi," ujarnya.

Workshop membimbing dosen menyiapkan PKM dari perencanaan hingga penerbitan manuskrip jurnal PKM. Zulkarnain memperkirakan kurang lebih 75 manuskrip akan dipersiapkan untuk diterbitkan pada periode April-Juni-September dan Desember 2021.(Ril)



COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: UIT Gagas Kolaborasi dan Kemitraan Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat
UIT Gagas Kolaborasi dan Kemitraan Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSn5SSgnVig0RQr_RZUGvFJdx5R9ZYlHK8N-Og5d0OgULyZ6ls6xQb4kRXaGTgQBYxbYZmiIkLr_oJo4nV06iuGkZCtr5JH1i8tidRZfGjRn0mqkIu-SdLlv1U9cT1iTy4KNpxu6owrG8/s320/IMG-20210219-WA0018.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSn5SSgnVig0RQr_RZUGvFJdx5R9ZYlHK8N-Og5d0OgULyZ6ls6xQb4kRXaGTgQBYxbYZmiIkLr_oJo4nV06iuGkZCtr5JH1i8tidRZfGjRn0mqkIu-SdLlv1U9cT1iTy4KNpxu6owrG8/s72-c/IMG-20210219-WA0018.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2021/02/uit-gagas-kolaborasi-dan-kemitraan.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2021/02/uit-gagas-kolaborasi-dan-kemitraan.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy