Peringati HJB 691, Nona Malebbi Luncurkan Desain Jilbab Motif Bola Soba

BONE, BERITABONE.COM-- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bone (HJB) Ke 691 tahun berbagai macam kegiatan atau kreativitas dilakulan oleh o...

BONE, BERITABONE.COM--Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bone (HJB) Ke 691 tahun berbagai macam kegiatan atau kreativitas dilakulan oleh orang Bone sebagai bentuk kecintaannya terhadap Tanah Bone.

Termasuk Endang Hastuti salah seorang Karyawan Telkomsel Distribution Center, PT Alcom Bone. Hal itu dibuktikan, sejak Oktober  2020 Endang Hastuti request (Permintaan) jilbab di Nona Malebbi bermotif Bola Soba.

"21 Oktober 2020 saya request ke Owner Nona Malebbi Ibu Gayatri Motif jilbab Bola Soba. Karena ownernya lagi banyak antrian produksij jilbabnyaselesai lima bulan kemudian dari Oktober 2020 mintanya, dan Alhamdulillah selesai 1 April 2021," ungkap Endang, Senin, 5 April 2021.

Endang menyampaikan, bahwa sebelumnya ia memilih tiga gambar (motif) yakni Tanjung Pallette, Songko Recca dan Bola Soba.

"Akhirnya jatuh pada pilihan Bola Soba,Alhamdulillah desainnya juga langsung dapat dari teman, tinggal ditambahin saja tulisan lontara Bola Soba Ri Watampone," jelasnya.

"Terima kasih Bu Owner Nona Malebbi (Gayatri) telah memenuhi permintaan Motif Jilbab Bola Soba yang dibarengi tulisan Lontara. Diketahui Ibu Gayatri juga ada darah bugisnya," tambahnya.

Ia memilih salah satu motif bersejarah di Bone sebagai bentuk memperingati HJB Ke 691 tahun  dan perkenalkan Bone Kaya Cagar Budaya.

"Selain karena saya memang suka motif etnik, saya juga punya alasan lain. Kenapa motif bola soba, pertama bangga jadi orang Bone jadi ingin  memperkenalkan kalau Bone itu kaya cagar budaya, salah satunya Bola Soba.

"Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi. Kedua Persembahan buat HJB, dan ketiga In Memorian karena sudah terbakar," jelasnya lagi.

Endang mengaku sewaktu mengetahui Bola Soba terbakar, dirinya merasa sedih dan meneteskan air mata.

"Waktu terbakar itu saya lagi dinas di Selayar,  subuh saya buka medsos langsung liat infonya. Sedih, sampai saya menitikkan air mata, serasa rumah saya sendiri yang terbakar. Semoga duka Bone berganti dengan suka yang lebih besar," ujarnya.

Endang Hastuti mengajak untuk terus melestarikan Cagar Budaya Bone dengan memakai Jilbab Motif Bola Soba.

"Mari kita lestarikan cagar Budaya Bone, ko tania idi igana pale (Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi) dengan memakai jilbab bola soba ini dengan sendirinya kita bangga sebagai orang Bone dan mempromosikn cagar budaya Bone, Mari karya, sekecil apa pun, Insya Allah berkah," pungkasnya.

"Selamat Hari Jadi Bone. Jayalah Bone," ucapnya.

Sementara Owner Nona Malebbi, Gayatri turut berduka atas musibah kebakaran Bola Soba di Bone.

"Pertama-tama saya sampaikan dari lubuk hati yang terdalam saya pribadi dan team nonamalebbi mengucapkan turut berduka dan sangat bersedih atas musibah kebakaran yang baru saja menimpa Bola Soba di Bone," ucap Gayatri berdarah Bugis Makassar.

Dikonfirmasi terkait desain jilbab motif Bola Soba, Gayatri mengaku sejak lama berniat membuat sesuatu untuk Customer di Bone.

"Sebenarnya motif Bola Soba ini sudah sejak tahun lalu saya buat, karena melihat data penjualan banyaknya customer nonamalebbi berdomisili di Kota Bone , jadi saya sejak lama berniat membuatkan sesuatu untuk para customer nonamalebbi tercinta," katanya. Seraya menambahkan pengiriman hijab Nona Malebbi dari Kota Palopo dan Makassar.

"Hanya saja karena sesuatu dan lain hal ada kendala jadi tidak sempat kami launchingkan, sampai suatu ketika ada salah satu reseller menghubungi saya mengabarkan tentang berita duka dan ingin dibuatkan desain Bola Soba," tambah Gayatri yang bersuami Darah Bugis Bone.

Owner Nona Malebbi melanjutkan, akhirnya kami berburu dengan waktu membuat hijab bangsawan dengan tema tribute to Bola Soba Saoraja Petta Ponggawae untuk mengenang Bola Soba yag baru saja terkena musibah.

"Saya yakin bola soba akan tetap hidup di hati masyarakat Bone walau wujud nya hangus terbakar, Bola Soba akan selalu abadi didalam ingatan rakyat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Kota Bone," ujarnya. 

"Selamat Hari Jadi Bone ke 691," tutupnya.(Irfan)



COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Peringati HJB 691, Nona Malebbi Luncurkan Desain Jilbab Motif Bola Soba
Peringati HJB 691, Nona Malebbi Luncurkan Desain Jilbab Motif Bola Soba
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiMQvdK92K40nIFtAdDfgTFasSoJWyuHGkSY9zg5i_IEI2Ud9eyT3Tm_nEiEDqWj2YMdTnpuuAd4VgRl2tnOIU0R2gjHk65MSq3ryISOVjHJbE6LzcBxBE3AMKGEyCROuJjZmuQlFaUQs/s320/IMG-20210406-WA0084.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiMQvdK92K40nIFtAdDfgTFasSoJWyuHGkSY9zg5i_IEI2Ud9eyT3Tm_nEiEDqWj2YMdTnpuuAd4VgRl2tnOIU0R2gjHk65MSq3ryISOVjHJbE6LzcBxBE3AMKGEyCROuJjZmuQlFaUQs/s72-c/IMG-20210406-WA0084.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2021/04/peringati-hjb-691-nona-malebbi.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2021/04/peringati-hjb-691-nona-malebbi.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy