Unik, Mahasiswa UNIM Bone Integrasikan Sulapa Eppa Walasuji Dalam Pembelajaran Matematika

BONE, BERITABONE.COM-- Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada pada setiap jenjang pendidikan, karena dianggap penting...

BONE, BERITABONE.COM--Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada pada setiap jenjang pendidikan, karena dianggap penting dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, 85% siswa di Kabupaten Bone takut ketika mendengar kata matematika. Ketakutan ini berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dilihat dari hasil UN siswa di Kabupaten Bone, matematika menjadi mata pelajaran dengan perolehan skor terendah. 

Melihat permasalahan ini, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone tertarik untuk mengkaji penyebab rendahnya kemampuan matematika siswa dan mengupayakan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut.

“Siswa pada dasarnya telah mampu menggunakan operasi hitung dalam penyelesaian masalah, tetapi lemah dalam menjelaskan hubungan antara simbol yang digunakan terhadap pola sebab akibat. Hal ini dapat ditingkatkan ketika siswa rutin diberikan soal yang merangsang proses berpikirnya dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari," tutur A. Nurannisa Senin, 26 Juli 2021.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), A. Nurannisa bersama dengan tim berhasil meloloskan proposal dengan judul Integrasi Tradisi Etnis Bugis-Makassar Sulapa Eppa Walasuji dalam Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis Siswa Berbasis Aplikasi Android. 

"Sangat unik, ide mahasiswa ini dapat menjadi suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan khususnya matematika dengan menerapkan kearifan lokal berbasis literasi digital dalam pembelajaran," tutur A. M. Irfan Taufan Asfar selaku dosen pendamping.

Berdasarkan hasil penelitian tim PKM-RSH ini, mampu membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam berhitung dan menggunakan logika (kecerdasan logis matematis) dapat ditingkat dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal Sulapa Eppa Walasuji. Konsep Sulapa Eppa Walasuji yang biasa ditemui pada tradisi pernikahan Bugis ternyata dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika karena pola rancangannya yang unik menyerupai geometri transformasi. (*/Irfan)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Unik, Mahasiswa UNIM Bone Integrasikan Sulapa Eppa Walasuji Dalam Pembelajaran Matematika
Unik, Mahasiswa UNIM Bone Integrasikan Sulapa Eppa Walasuji Dalam Pembelajaran Matematika
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkdJL5U3bDAg0NhD6BOPPpRvr46l5JQYwclT2NRUdnGi3ut0Zq5jkgD1KlIbqgnSyAPVZv6Kxfq6DtyVS0bpN9-wEVOSlJ1infPglb_ozMsfQvZoI5mmTWyWMwZksE_t3vuXsIVnbRKxE/s320/IMG-20210726-WA0124.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkdJL5U3bDAg0NhD6BOPPpRvr46l5JQYwclT2NRUdnGi3ut0Zq5jkgD1KlIbqgnSyAPVZv6Kxfq6DtyVS0bpN9-wEVOSlJ1infPglb_ozMsfQvZoI5mmTWyWMwZksE_t3vuXsIVnbRKxE/s72-c/IMG-20210726-WA0124.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2021/07/unik-mahasiswa-unim-bone-integrasikan.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2021/07/unik-mahasiswa-unim-bone-integrasikan.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy