Staf Sekretariat KPU Makassar Diajari Cara Teknis Menulis Berita

MAKASSAR, BERITABONE.COM --Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, menggelar Bimbingan Teknis Dasar Kepemiluan Tahun 2022. Dengan fokus m...

MAKASSAR, BERITABONE.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, menggelar Bimbingan Teknis Dasar Kepemiluan Tahun 2022. Dengan fokus materi pada Teknis Penulisan Kronologis Kejadian dan Penulisan Rilis Berita.

Acara tersebut berlangsung di Hotel Horison, Kota Makassar, Selasa 30 Agustus 2022.

Ketua KPU Kota Makassar, M. Faridl Wajdi, SH, saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kesadaran penuh jajaran komisioner dan staf KPU untuk melayani masyarakat di ajang pemilu, terus ditingkatkan.

"Ini adalah kali kedua dengan pemateri yang sama, dengan pertimbangan kompetensi yang sangat tepat, untuk kebutuhan lembaganya," ungkap Faridl. 

Sementara Komisioner KPU Makassar, Endang Sari, yang mendampingi ketua KPU, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di KPU Kota Makassar dalam menghadapi tahapan Pemilu Serentak 2024 yang kian agresif. "Juga untuk mengetahui tahapan Pemilu yang sedang kami kelola," lanjutnya.

“Dengan memahami tata cara penulisan kronologis kejadian serta penulisan rilis berita diharapkan agar kami bisa menghadirkan proses tahapan pemilu yang transparan dan memenuhi hak publik,” tegas Endang, yang juga selama ini dikenal sebagai dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. 

Pelatihan itu menghadirkan Zulkarnain Hamson, sebagai ‘Konsultan Jurnalistik' dan media, serta AS Kambie, Print Production Manager (manajer produksi cetak), Koran Tribun Timur, yang juga dikenal sebagai wartawan senior surat kabar ternama itu. Kedua pemateri dipandu moderator, Endang Sari, komisioner KPU Makassar, sejak siang hingga sore.

“KPU adalah keluarga saya, kapan saja saya wajib meluangkan waktu jika diperlukan,” ujar Zulkarnain Hamson, yang juga Dosen Ilmu Komunikasi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Makassar.

Sejak tahun 2015 diakuinya telah terlibat dalam mendukung program peningkatan kapasitas staf KPU, bukan hanya di Makassar, melainkan di beberapa kabupaten di Sulsel.

“Kali ini saya melakukan pembimbingan teknis terkait penyusunan kronologis kejadian, berdasarkan tiga model,” papar Zulkarnain, yang juga saat ini masih menjabat Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional. Sembari menegaskan, materi yang diajarkannya sangat berkait dengan kebutuhan pembuatan rilis berita.

Pelatihan yang menghadirkan 35 staf sekretariat itu diawasi langsung Asrar Marlang, Sekretaris KPU Kota Makassar, hingga penutupan acara, bersama seluruh jajaran komisioner. Berdasarkan tugas kepada peserta, terpilih dua naskah penulisan kronologis terbaik. Selanjutnya direncanakan evaluasi lanjutan pada September 2022 untuk mengukur pencapaian kinerja pasca pelatihan. (Trisna)



COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Staf Sekretariat KPU Makassar Diajari Cara Teknis Menulis Berita
Staf Sekretariat KPU Makassar Diajari Cara Teknis Menulis Berita
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgctwP7z0rNj0IA3kNbNrMvTuQ3f1hE1c8ukY9H9C2KR9CAlMVtfgTMRh-f2dVlMefdQZRWgQa2hrlGAc8IENQnHvtUmDnfg4vrYIWPzFAFDAyz8647JHU9ivXUy8cKPVkp4edZrIzGACQwbRsWmEj-POuukTEFupvAHJcqftSIB9l72Dwgt3uFkaKl/s320/IMG-20220831-WA0019.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgctwP7z0rNj0IA3kNbNrMvTuQ3f1hE1c8ukY9H9C2KR9CAlMVtfgTMRh-f2dVlMefdQZRWgQa2hrlGAc8IENQnHvtUmDnfg4vrYIWPzFAFDAyz8647JHU9ivXUy8cKPVkp4edZrIzGACQwbRsWmEj-POuukTEFupvAHJcqftSIB9l72Dwgt3uFkaKl/s72-c/IMG-20220831-WA0019.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2022/08/staf-sekretariat-kpu-makassar-diajari.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2022/08/staf-sekretariat-kpu-makassar-diajari.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy