Selamat ! Desa Libureng Tonra Dinyatakan Lolos Verifikasi STBM

BONE, BERITABONE.COM-- Sukses menyabet piagam penghargaan dengan status Desa Mandiri pada Agustus 2022 lalu, Desa Libureng Kecamatan Tonra K...

BONE, BERITABONE.COM--Sukses menyabet piagam penghargaan dengan status Desa Mandiri pada Agustus 2022 lalu, Desa Libureng Kecamatan Tonra Kabupaten Bone dibawah kepememimpinan Jumtu Alam A. Azis kembali berhasil menoreh prestasi membanggakan dengan meraih predikat sebagai desa dengan menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau Desa STBM.

Penyematan status sebagai desa ber-STBM ini didapatkan setelah tim verifikasi melakukan pemantauan dan pengecekan penerapan lima pilar STBM pada 30 persen rumah tangga sebagai sampel dari seluruh dusun yang ada. Yang mana lima pilar dimaksud yakni, Tidak BAB sembarangan (stop BABS), Mencuci tangan pakai sabun, Pengelolaan makanan dan air minum yang sehat, Pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar dan pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan aman.

Usai tim verifikasi memastikan lima pilar tersebut, selanjutnya dr. H. Eko Nugroho selaku ketua tim verifikasi mengumumkan hasil penelusuran tim dimasing-masing rumah tangga. Yang mana pada kesempatan itu Desa Libureng dinyatakan lolos dan layak meraih predikat Desa STBM yang ke-12 dari 372 desa/kelurahan tingkat Kabupaten Bone sekaligus menjadi Desa STBM kedua pada wilayah Kecamatan Tonra.

Kepala Desa Libureng, Jumtu Alam A. Azis mengatakan kalau capaian tersebut merupakan buah dari kerjasama, kerja keras para kader serta tim Satgas STBM dan hasil kolaborasi pemerintah Desa Libureng dengan segenap pihak termasuk dukungan dari seluruh elemen warga masyarakat Desa Libureng.

"Terima kasih atas dukungan, partisipasi dan kerjasamanya selama ini khususnya dalam mensukseskan verifikasi lima pilar STBM. Semoga ini menjadi tonggak baru menuju masyatakat Desa Libureng yang sehat dan sejahtera," ujar Jumtu Alam dengan sorot mata yang berkaca-kaca.

Rasa bahagia sangat jelas terpancar dari raut wajah Kades yang dikenal supel dan enerjik ini. Sesekali terlihat ia mengusap tetesan air mata yang jatuh kewajahanya sebagai luapan rasa haru nan bahagia atas capaian yang diraihnya itu.

"Pada dasarnya kami bukanlah siapa-siapa dan tak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan dari segenap lapisan masyarakat. Olehnya, atas nama pribadi dan pemerintah Desa Libureng, kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas semuanya. Dengan nawaitu yang tulus, insya Allah, apa yang kita laksanakan selama ini mendapat ridho dari Allah SWT dan menjadi berkah bagi kita semua. Teruslah berbuat baik, karena sejatinya,Tuhan senantiasa bersama dengan orang-orang yang selalu menebar kebaikan," pesannya.

Diketahui, hadir pada verifikasi yang berlangsung pada Sabtu 5 November 2022 tersebut, Camat Tonra dalam hal ini diwakili Sekcam Patma, S.Pd, M.Pd bersama unsur Tripika lainnya, Kepala UPT Puskesmas Tonra dr. Andi Wina Yuliaty Ahmad, Ketua TP/PKK Desa Libureng Ny. Rahmawati Jumtu Alam bersama para kader dan Satgas STBM Desa Libureng, Ketu BPD bersama anggota, tokoh masyarakat, agama, perempuan serta segenap jajaran pemerintah Desa Libureng.(edy)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Selamat ! Desa Libureng Tonra Dinyatakan Lolos Verifikasi STBM
Selamat ! Desa Libureng Tonra Dinyatakan Lolos Verifikasi STBM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg58hlq4fx6I4rOqgN5VMxcUwHob5-K1ZcuPPA-5F_TuKZ_cWN-V8gwWNXaBOhcuY-fbtDrngr9uHlzbx_siXfhCzb2NXFATi69VI0JkA7IoH7QQGRAG4updESZGqHqML3bhnqdfmahDtP-L11BmaOrYW3eRWLa0PCykO0sjU8nj3EUCNp1etYFUjIt/s320/IMG-20221106-WA0013.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg58hlq4fx6I4rOqgN5VMxcUwHob5-K1ZcuPPA-5F_TuKZ_cWN-V8gwWNXaBOhcuY-fbtDrngr9uHlzbx_siXfhCzb2NXFATi69VI0JkA7IoH7QQGRAG4updESZGqHqML3bhnqdfmahDtP-L11BmaOrYW3eRWLa0PCykO0sjU8nj3EUCNp1etYFUjIt/s72-c/IMG-20221106-WA0013.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2022/11/selamat-desa-libureng-tonra-dinyatakan.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2022/11/selamat-desa-libureng-tonra-dinyatakan.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy