Prahara Perekrutan Penyelenggara Pemilu, HMI Komisariat Arung Palakka Bone Gelar Dialog Publik

BONE, BERITABONE.COM-- Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Arung Palakka Cabang Bone gelar Dialog Publi...

BONE, BERITABONE.COM--Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Arung Palakka Cabang Bone gelar Dialog Publik terkait prahara perekrutan penyelenggara Pemilu 2024.

Dialog tersebut digelar di Cafe Bunir, Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sabtu (27/1/2023) malam, dengan menghadirkan tiga pemateri.

Ketiga pemateri tersebut yakni, Ketua KPU Bone Izharul Haq, Komisioner Bawaslu Bone Alwi dan H. Kahar dari Komisi III DPRD Bone.

Kabid KPP HMI Komisariat Arung Palakka, Ahmad Zesar selaku moderator memberikan kesempatan kepada ketiga narasumber untuk memaparkan terkait perekrutan Penyelenggara Pemilu 2024.

Selepas pemaparan ketiga narasumber tereebut, salah satu peserta bernama Malil mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ketua KPU dan Komisioner Bawaslu Bone.

Pertama, ia mempertanyakan terkait mekanisme perekrutan apakah sudah sesuai juknis yang berlaku dan sesuai tahapan. Kedua, ia juga meminta klarifikasi terkait pertemuan komisioner KPU dengan sebagian peserta Perekrutan PPS se Kecamatan Amali dan Calon PPS Kecamatan Bengo sebelum ditetapkannya pleno atau sebelum adanya pengumuman.

“KPU adalah lembaga jurdil dan berintegritas. Jangan sampai karena perbuatan seseorang oknum sehingga prinsip jurdil KPU tercoreng di mata publik, kepercayaan publik ke KPU tercederai," tanyanya.

Tak sampai disitu, selanjutnya ia juga meminta klarifikasi terkait pendaftar PPK yang tidak lolos karena ada kasus penggelembungan suara pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Bila mana terdapat temuan tersebut, bagaimna tindakan KPU pada saat itu. Mungkinkah KPU diduga ada pembiaran pada kasus tersebut. Dan dimana Bawaslu pada saat itu?,” tanyanya kepada narasumber.

Menanggapi sejumlah pertanyaan itu, Ketua KPU Bone Izharul Haq menjelaskan, bahwa rekrutmen ini pihaknya sudah melaksanakan sesuai juknis. Bahkan dia menegaskan jika ada Komisioner KPU yang tidak mengikuti juknis dengan baik itu berarti melanggar dan itu bisa di DKPP kan.

"Terkait rekrutmen itu kan ada Kepala Sub Bagian Hukum yang membidangi Rekrutmen PPS itu sendiri yaitu Dr. Yusdar. Nanti bisa kita pangil juga Dr. Yusdar untuk memaparkan terkait bagaimana mekanisme perekrutan PPS itu," paparnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Bone Alwi, mengatakan ketika ada yang meneriakkan ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran Pemilu disitulah sinergitas masyarakat dengan Bawaslu berjalan.

"Tetapi ketika ada masyarakat yang membiarkan pelanggaran pemilu itu terjadi didepan mata, maka harus dikatakan fungsi keterlibatan masyarakat secara aktif dalam pengawasan tahapan itu tidak terjalin dengan baik," tuturnya.


Dia juga mengatakan dugaan pengelembungan suara yang terjadi pada penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu pihaknya hadir pada saat itu.

“Bawaslu Bone ada pada saat itu dan saya bertanggung jawab karena pada waktu itu saya membidangi Divisi Pengawasan dan Pencegahan," sebutnya.

Alwi kemudian menjelaskan, kehadiran Bawaslu pada rapat pleno itu atas rekomendasinya, ketika suara tidak benar dan tidak berkesesuaian itu kembali benar.

“Bawaslu merekomendasikan ke KPU agar di lakukan penundaan terhadap rekap Kecamatan Tanete Riattang Barat selama tiga hari” tutupnya. (Bur)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Prahara Perekrutan Penyelenggara Pemilu, HMI Komisariat Arung Palakka Bone Gelar Dialog Publik
Prahara Perekrutan Penyelenggara Pemilu, HMI Komisariat Arung Palakka Bone Gelar Dialog Publik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEge4cZ_x6_cstQ9a3p6St_NrkedvZ3bichJ0_Op8giDb0cza2FYV6g6cv_EQjJAZNQJyOD8cUz3qlVEPqW-m2u1TAxh669Cej4wdGVm1Lvj_jbXrdU24BjIw0QuBFumQnM5hWSY2mL-yFDbNif0NwpsQTKiQ4TrQ6bQWiUoGLSTkPKcEAOO2vzDXYxA/s320/IMG-20230128-WA0065.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEge4cZ_x6_cstQ9a3p6St_NrkedvZ3bichJ0_Op8giDb0cza2FYV6g6cv_EQjJAZNQJyOD8cUz3qlVEPqW-m2u1TAxh669Cej4wdGVm1Lvj_jbXrdU24BjIw0QuBFumQnM5hWSY2mL-yFDbNif0NwpsQTKiQ4TrQ6bQWiUoGLSTkPKcEAOO2vzDXYxA/s72-c/IMG-20230128-WA0065.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2023/01/prahara-perekrutan-penyelenggara-pemilu.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2023/01/prahara-perekrutan-penyelenggara-pemilu.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy