Unik, Mahasiswa UNIM Bone Elaborasi Permainan Ma'benteng dalam Pembelajaran

BONE, BERITABONE.COM-- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi pada tingkat nasional. Lolos pendanaan pada ...

BONE, BERITABONE.COM--Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi pada tingkat nasional. Lolos pendanaan pada program ini merupakan hal yang sangat diidam-idamkan banyak mahasiswa.

Bagaimana tidak jika program ini saja mampu meningkatkan grade perguruan tinggi dalam bersaing secara nasional. Hal yang sama dirasakan oleh Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone.

Kembali lagi, kampus biru kebanggaan ini berhasil meloloskan 9 tim pada ajang kompetisi PKM. Salah satu tim yang menjadi fokus utama adalah tim PKM riset sosial humaniora yang diketuai oleh Sartika Sari Dewi. Mahasiswa dari prodi Teknologi Pendidikan ini berkolaborasi dengan mahasiswa Pendidikan Matematika, Andi Rosdaliani dan Teknologi Pendidikan, Nurhasanah mengangkat permainan tradisional Bugis Mabbenteng sebagai strategi dalam pembelajaran. 

Kelolosan proposal yang diajukan oleh tim PKM ini tidak lepas dari bimbingan bapak Dr. A. M. Irfan Taufan Asfar, MT., M.Pd, dimana beliau telah berhasil membimbing beberapa tim mahasiswa lolos PKM sejak tahun 2018, bahkan sampai ke ajang pimnas.

"Riset yang sangat unik, permainan yang sering dimainkan anak-anak ternyata memiliki filosofi dan landasan kuat yang tepat diterapkan dalam pembelajaran. Permainan atau lebih akrab disapa turnamen merupakan hal yang memang diperlukan dalam pembelajaran, agar jiwa solidaritas siswa dalam berkompetisi dapat ditingkatkan," tutur Irfan selaku dosen pembimbing, Selasa (28/6/2022).

Sartika mengaku bersyukur atas keberhasilan nya lolos dalam pendanaan.

"Alhamdulillah, riset yang kami ajukan berhasil lolos pendanaan tahun ini. Saya sangat terharu atas pencapaian yang saya peroleh ini, karena merupakan pertama kalinya saya bisa lolos PKM dengan posisi sebagai ketua tim," tutur Sartika.

"Saya sangat berharap, tim kami dapat bertahan hingga ke jenjang pimnas dengan memperkenalkan riset kami yang unik ini, hingga nantinya dapat di replikasi oleh sekolah-sekolah ternama yang memang masih rendah pada kemampuan berpikirnya, karena pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya tentang teori, bermain sambil belajar merupakan inti utama dalam menghidupkan suasana pembelajaran," sambung Sartika. (*)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Unik, Mahasiswa UNIM Bone Elaborasi Permainan Ma'benteng dalam Pembelajaran
Unik, Mahasiswa UNIM Bone Elaborasi Permainan Ma'benteng dalam Pembelajaran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicrH56Zk0Iht0BE8UOkl9yxXFWD8xjG5ff7XEEgJun0IJoJbQJhRdj7DLu3YPPGePZnBY6n7ETV0RJqjgUDYzExWLyXYbd0E2NQ7HJzaAAQ5uWGFxVuV0TLaCycLPY34wD7fySGNYV2SlFhJjiciyxxoOBCRpoagmg5EUYsLVgz2Si_R5L4lj1snhJ/s320/IMG-20220628-WA0079.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicrH56Zk0Iht0BE8UOkl9yxXFWD8xjG5ff7XEEgJun0IJoJbQJhRdj7DLu3YPPGePZnBY6n7ETV0RJqjgUDYzExWLyXYbd0E2NQ7HJzaAAQ5uWGFxVuV0TLaCycLPY34wD7fySGNYV2SlFhJjiciyxxoOBCRpoagmg5EUYsLVgz2Si_R5L4lj1snhJ/s72-c/IMG-20220628-WA0079.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2022/06/unik-mahasiswa-unim-bone-elaborasi.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2022/06/unik-mahasiswa-unim-bone-elaborasi.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy