Warga Bone Mengeluhkan Pengambilan SKBS Tidak Digratiskan, Ini Penjelasan Dinkes Bone

BONE, BERITABONE.COM-- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone, Sulsel telah menginstruksikan kepada semua Fasilitas Kesehatan (Faskes). Bai...

BONE, BERITABONE.COM--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone, Sulsel telah menginstruksikan kepada semua Fasilitas Kesehatan (Faskes). Baik itu rumah sakit pemerintah/swasta, rumah sakit TNI/POLRI dan Puskesmas untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada semua calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Nyatanya,  bayangan kata gratis yang dibayangkan para calon anggota KPPS berbeda dengan apa yang dipahami ketika mendengar kata gratis. Mengingat untuk mendapatkan Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) di Puskesmas, mereka masih dikenakan biaya.

"Tadi saya dari Puskesmas untuk mengurus SKBS. Dimana didalamnya tercantum cek gula darah dan kolestrol. Namun setelah selesai saya dimintai pembayaran. Saya pun heran kenapa dibayar karena setau saya SKBS digratiskan,"  keluh salah seorang calon anggota KPPS.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bone, drg. Yusuf Tolo, M.Kes saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengungkapkan kalau untuk SKBS tetap gratis. Namun untuk pemeriksaan gula darah dan kolestrol itu yang dikenakan pembayaran karena memerlukan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP).

"Beredar informasi bahwa harus diperiksa gula darah dan kolesterol. Sementara itu memerlukan BMHP, sehingga butuh biaya tambahan. Tapi hasil komunikasi kita dengan KPU yang paling penting adalah kesimpulan dokter apakah sehat atau tidak untuk mendaftar sebagai KPPS," ucapnya pada Sabtu 9 Desember 2023.

Menurut Yusuf, pemeriksanaan gula darah dan kolestrol bisa saja dilakukan gratis kalau atas permintaan dokter karena keperluan diagnosis atau pemeriksaan suatu penyakit dan bukan atas permintaan seseorang yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Sebenarnya dalam JKN kita, cek kesehatan atau SKBS itu tidak termasuk dalam layanan yang dicover BPJS. Tapi karena untuk keperluan Pemilu ini, kita ambil kebijakan gratis sepanjang tidak memakai BMHP. Tetapi kalau Puskesmas punya BMHP yang berasal dari program Kemenkes maka akan kita kasih dengan cuma-cuma. Tapi kalau BMHP yang diadakan atau dibeli Puskesmas tentunya dibayar," urainya.

Masih kata Yusuf, bagi kami, orang bisa dinilai status sehat atau tidaknya tanpa perlu periksa gula darah dan kolestrol.

"Tidak perlu ribet mau periksa tambahan macam-macam. Nanti dokter bisa menggali riwayat penyakit sebelum ambil kesimpulan disamping pemeriksaan fisik," tandasnya.

Sementara itu, Koordiv SDM KPU Kabupaten Bone, Abd. Asis mengatakan kalau kadar gula darah dan kolestrol sudah tercover dengan surat pernyataan tidak ada penyakit penyerta.

"Dokumen yang disiapkan adalah SKBS. Terkait tes gula darah dan kolesterol itu masuk sebagai kategori penyakit penyerta, jadi itu cukup dengan surat pernyataan," terangnya.(edy)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Warga Bone Mengeluhkan Pengambilan SKBS Tidak Digratiskan, Ini Penjelasan Dinkes Bone
Warga Bone Mengeluhkan Pengambilan SKBS Tidak Digratiskan, Ini Penjelasan Dinkes Bone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAd3lyqwyZW45R1WNl8UQx4QJ5v7dmzN5XCbuQQcO_iIT2mXm6tNze_OOsl0RgOpx7poNFm4SdZJoVhQ-5sTv1v1f3EiiM69DmxtVWGGfS1nSST_t-J9vnVFLULf6n-YcFkr18ABSoqNGjk2_NPcYYdmGHNF5UjnEMnZgLYV6vPTSISX4cQXKBLmXeyA/s320/IMG-20231210-WA0019.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAd3lyqwyZW45R1WNl8UQx4QJ5v7dmzN5XCbuQQcO_iIT2mXm6tNze_OOsl0RgOpx7poNFm4SdZJoVhQ-5sTv1v1f3EiiM69DmxtVWGGfS1nSST_t-J9vnVFLULf6n-YcFkr18ABSoqNGjk2_NPcYYdmGHNF5UjnEMnZgLYV6vPTSISX4cQXKBLmXeyA/s72-c/IMG-20231210-WA0019.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2023/12/warga-bone-mengeluhkan-pengambilan-skbs.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2023/12/warga-bone-mengeluhkan-pengambilan-skbs.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy