Tim PNUP Ubah Akar Bambu menjadi PGPR

BONE, BERITABONE.COM-- Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, dimana insan vokasi terjun la...

BONE, BERITABONE.COM--Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, dimana insan vokasi terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi, pelatihan maupun pendampingan. 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yakni Muh. Iqbal M, Andi Muh Iqbal Akbar Asfar, dan Akhmad Rifai memberikan serangkaian kegiatan pemanfaatan akar bambu menjadi Plant Growth Promoting Rhizobacter (PGPR) / Bakteri Perakaran Pemicu Pertumbuhan Tanaman, Senin (25/7/2022).

PGPR ini merupakan pupuk organik berbentuk cair dengan memanfaatkan bakteri baik yang tumbuh di sekitar akar bambu yang telah lapuk. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Desa Latellang, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, melalui sinergitas dengan warga dan aparat Desa Latellang Kecamatan Kahu. 

Warga Desa Latellang sebagai desa binaan Politeknik Negeri Ujung Pandang sangat antusias ketika mengetahui bahwa akar  bambu ternyata bisa disulap menjadi pupuk organik cair yang dapat membantu warga desa dalam pemenuhan pupuk yang semakin terbatas. 

“Akar bambu yang lapuk biasanya dibakar kemudian dipisahkan dengan memotong dari bambu yang masih hidup untuk mengurangi bonggol akar bambu. Padahal, akar atau rizoma bambu yang telah lapuk banyak mengandung bakteri atau cendawan yang dapat berfungsi endofit yang menghasilkan metabolit sekunder pada tanaman sebagai bioprotectant perkembangan hama dan penyakit, biostimulant yang menghasilkan fitohormom, dan biofertilizer yang meningkatkan ketersediaan nutrisi bagi tanaman,” tutur Muh.Iqbal saat ditemui redaksi di sela-sela kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). 

 “Pembuatan PGPR ini dengan memanfaatkan akar bambu menjadi sangat potensial untuk membantu para petani mengurangi atau mereduksi penggunaan pupuk kimia yang memiliki efek negatif jangka panjang bagi manusia,” tambah Andi Muh Iqbal Akbar Asfar. 

Proses pelatihan dilaksanakan tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga menyediakan dan memberikan peralatan biofermentor untuk memudahkan warga desa dalam memanfaatkan akar bambu. Proses pembuatan PGPR dilaksanakan dua tahap yaitu pembuatan biang PGPR dan pembuatan media tumbuh PGPR. Selama dua minggu fermentasi berlangsung yang kemudian PGPR siap digunakan untuk tanaman palawija atau untuk areal pertanian. (Irfan)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Tim PNUP Ubah Akar Bambu menjadi PGPR
Tim PNUP Ubah Akar Bambu menjadi PGPR
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8Koh9cbt0i3ec-A_DrIyhKcihBh99MQJXL5LCVM0K-HToEfO0vRIRamP7qNf66Bs9n2ooEFhqJGRtDFcDSPf_SZ_V3k-vA_-JogkT24MQ3F2XsfCH3OZSaNyOZDeXTxgSCFJLOliyNe5W8G-icsen1SH8jjZvHlhpVOKloB_3O_2pbAmTzXZKPf-s/s320/IMG-20220726-WA0061.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8Koh9cbt0i3ec-A_DrIyhKcihBh99MQJXL5LCVM0K-HToEfO0vRIRamP7qNf66Bs9n2ooEFhqJGRtDFcDSPf_SZ_V3k-vA_-JogkT24MQ3F2XsfCH3OZSaNyOZDeXTxgSCFJLOliyNe5W8G-icsen1SH8jjZvHlhpVOKloB_3O_2pbAmTzXZKPf-s/s72-c/IMG-20220726-WA0061.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2022/07/tim-pnup-ubah-akar-bambu-menjadi-pgpr.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2022/07/tim-pnup-ubah-akar-bambu-menjadi-pgpr.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy