Diimingi Uang Gaib Senilai Rp4 M, Warga Tonra Merugi Ratusan Juta

BONE, BERITABONE.COM- DM (46 tahun) seorang warga Desa Libureng Kecamatan Tonra Kabupaten Bone harus merugi sampai ratusan juta rupiah setel...

BONE, BERITABONE.COM-DM (46 tahun) seorang warga Desa Libureng Kecamatan Tonra Kabupaten Bone harus merugi sampai ratusan juta rupiah setelah ditipu seorang perempuan berinisial RW (46 tahun) yang merupakan warga Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur  Kabupaten Sinjai.

Informasi dihimpun, terduga pelaku RW merupakan seorang dukun yang pernah mengobati orang sakit termasuk istri daripada korban DM di Dusun Cempaniga Desa Libureng.

"Berawal dari situ, terduga pelaku mengimingi korban jika dirinya bisa menggandakan uang. DM yang sudah termakan dengan iming-iming korban sampai-sampai harus menjual maupun menggadaikan sawah dan empangnya demi untuk memenuhi permintaan uang setiap kali pelaku datang kerumah korban," tutur Kepala Desa Libureng, Jumtu Alam Azis.

Lanjuut dikatakan, kejadiannya sudah terjadi sejak Februari hingga Agustus 2022 ini. Dari rentan waktu tersebut, korban sudah menyerahkan uang sebanyak Rp 227 juta bahkan lebih kepada pelaku. Yang menurut sepengetahuan korban uang tersebut ditaruh dalam peti dan digembok dan berpesan agar peti tersebut jangan pernah dibuka oleh siapapun selain dirinya.

"Selama ini pihak keluarga termasuk orangtua korban sudah berusaha mengingatkan DM untuk tidak meladeni pelaku. Namun saja, DM ini seolah sudah terhipnotis hingga dirinya rela menuruti segala permintaan pelaku dan tidak menghiraukan pesan orangtua dan tetap meyakini jika uang yang tersimpan dalam peti suatu saat nantinya akan berganda menjadi Rp4 Milyar sebagaimana yang dijanjikan pelaku," urainya.

Yang karena dinilai sudah meresahkan masyarakat, Jumtu Alam selaku pemerintah desa selanjutnya berkoordinasi dengan pihak Koramil dan Polsek Tonra untuk menghentikan aksi pelaku. Yang kemudian pada Senin 22 Agustus kemarin, gabungan unsur Tripika mendatangi kediaman korban dan mendapati pelaku ditempat tersebut.

"Awalnya pelaku dan korban bersikeras melarang pihak manapun membuka peti yang katanya tempat menyimpan uang gaib tersebut. Namun setelah didesak, akhirnya peti yang dimaksud berhasil dibuka dan terlihatlah isi daripada peti itu yang ternyata hanyalah berisi seonggok tissu yang menyerupai potongan uang," jelasnya.

Menyadari situasi yang tidak menguntungkan, selanjutnya terduga pelaku berlalu dari tempat tersebut. Adapun korban setelah tersadar dan mengetahui isi dari peti hanyalah lembaran tissu dan bukanlah uang sebagaimana yang ia yakini selama ini selanjutnya menangis dan berharap agar segala uang yang telah diserahkan bisa kembali lagi.

Dengan kejadian ini, selaku pemerintah Desa Libureng, Jumtu Alam mengimbau para warganya untuk lebih berhati-hati terhadap segala modus penipuan ataupun kejahatan lainnya, terlebih jika hal tersebut dinilai  keluar dari ajaran syariat Islam.

Selanjutnya, oleh pihak keluarga segera membuat laporan kepolisian di Polsek Tonra pada hari tersebut. Dan selanjutnya tim dari Polsek setempat menjemput terduga pelaku dikediamannya di Kabupaten Sinjai dan telah dilakukan penahanan di Polsek Tonra.

"Iya betul terduga pelaku pengganda uang kini telah diamankan di Polsek dan laporannya sudah A1," ucap Kapolsek Tonra AKP Andi Muh. Takdir via Ponselnya pada Rabu 24 Agustus.(edy)


COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Diimingi Uang Gaib Senilai Rp4 M, Warga Tonra Merugi Ratusan Juta
Diimingi Uang Gaib Senilai Rp4 M, Warga Tonra Merugi Ratusan Juta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigpLcidBcgi4jhODoVM8zsAYYvkJgkEkiVzeA7gSauy9aYadd61rE58VhUesiA5G9BlSDsYMmGW6WiC6XhO6qI9P-bwvRCSKs8_UucDeC2up1yKHDPTRl62UTJrjC9WWB7kpYF6CqWNLijQTvY3tkd2NoS38jT_egnu9kcAdGym6vDOapCtpqGBkaE/s320/IMG-20220824-WA0058.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigpLcidBcgi4jhODoVM8zsAYYvkJgkEkiVzeA7gSauy9aYadd61rE58VhUesiA5G9BlSDsYMmGW6WiC6XhO6qI9P-bwvRCSKs8_UucDeC2up1yKHDPTRl62UTJrjC9WWB7kpYF6CqWNLijQTvY3tkd2NoS38jT_egnu9kcAdGym6vDOapCtpqGBkaE/s72-c/IMG-20220824-WA0058.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2022/08/diimingi-uang-gaib-senilai-rp4-m-warga.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2022/08/diimingi-uang-gaib-senilai-rp4-m-warga.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy