Pemerhati Sosial Bone Soroti Penampilan Group Kucang - kucang di Festival Bone Riolo

BONE, BERITABONE.COM-- Sejumlah aktivis  dan pemerhati sosial Kabupaten Bone menyoroti penampilan Group Kucang - kucang yang ditampilkan ole...

BONE, BERITABONE.COM--Sejumlah aktivis  dan pemerhati sosial Kabupaten Bone menyoroti penampilan Group Kucang - kucang yang ditampilkan oleh Panitia Pelaksana pada Festival Bone Riolo 2023 di Pelataran Museum Lapawawoi,  Jalan MH Tamrin, Kota Watampone, kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (27/4/2023) malam.

Sejumlah waria yang tergabung dalam group ini, nampak membawakan sebuah judul lagu disertai goyangan erotis diatas panggung, sebelum diminta berhenti oleh panitia pelaksana. Penampilan itu pun mengundang protes.

Salah satu Pemerhati Sosial Bone, Andi Trisna Arif mengkritisi kejaian tersebut. Menurut Ketua DPD JOIN Bone ini masih sangat banyak warisan budaya kearifan lokal yang beretika dan lebih sopan untuk ditampilkan.

"Apa yang kita tampilkan dan disaksikan oleh masyarakat Bone, merupakan ciri dari budaya yang baik dan bermartabat. Melalui momentum seperti ini, harusnya menjadi waktu dan ruang bagi kita selaku masyarakat Bone untuk menjaga harkat dan nama baik. Kendati dalam budaya dan adat istiadat Bone, kaum waria ini memang ada dan disebut ‘bissu’, tapi peranannya bukan untuk menampilkan atau mempertontonkan tarian erotis, seperti yang kita saksikan bersama baru-baru ini," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Andi Murni Alimuddin yang dikonfirmasi membenarkan adanya group Kucang-kucang yang  sempat tampil di panggung.

"Iya , memang benar ada. Namun, pada saat pelaksanaan kegiatan saya berada di Makassar. Kemarin baru tiba di Bone, mendapat informasi itu saya langsung tanyakan kebenarannya kepada panitia. Dan memang sempat menyanyi (grup Kucang kucang-red) namun hanya sebentar karena disetop oleh panitia," ujarnya.

Dia menjelaskan, sebelum tampil di panggung, group tersebut diketahui menuju lokasi untuk mengantar salah satu peserta fesitival. 

Namun, saat ada jeda waktu antara penampilan peserta pihak Master of Ceremony (MC) pemandu acara tiba-tiba memanggil group kucang-kucang naik keatas panggung. "Nah disitu sempat menyanyi, namun pantia bertindak cepat meminta turun. Kemudian saat dipanggung semuanya berpakaian sopan," Kata Andi Murni.

Terkait dengan dugaan kelalaian MC, pihaknya akan meminta kepada panitia untuk menanyakan apa dasarnya memanggil group tersebut naik keatas panggung. (*)



COMMENTS

Nama

Bosowasi Daerah Edukasi Hukrim Lokal News Nasional Peristiwa Politik Ragam Sport
false
ltr
item
Berita Bone: Pemerhati Sosial Bone Soroti Penampilan Group Kucang - kucang di Festival Bone Riolo
Pemerhati Sosial Bone Soroti Penampilan Group Kucang - kucang di Festival Bone Riolo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjG8t9f7i2dJUybbGXBeyPMKDByKkPILxUq1rzpU55ic5gAgZCO9XCFMGJ519BdOJCQGRk4yOOcXlAzSNegVq_V8cR1rS4w0wJDmHtFN6S9MO82PcmZRGKJ8YNgzjsub28mq7u6dUaFQ1r-ctruOmjMiJO1uF8GOs0AeAoydYnsY6CY-HKIz9ALQzCn/s320/IMG-20230428-WA0040.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjG8t9f7i2dJUybbGXBeyPMKDByKkPILxUq1rzpU55ic5gAgZCO9XCFMGJ519BdOJCQGRk4yOOcXlAzSNegVq_V8cR1rS4w0wJDmHtFN6S9MO82PcmZRGKJ8YNgzjsub28mq7u6dUaFQ1r-ctruOmjMiJO1uF8GOs0AeAoydYnsY6CY-HKIz9ALQzCn/s72-c/IMG-20230428-WA0040.jpg
Berita Bone
https://www.beritabone.com/2023/04/pemerhati-sosial-bone-soroti-penampilan.html
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/
https://www.beritabone.com/2023/04/pemerhati-sosial-bone-soroti-penampilan.html
true
2715347226771477657
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy